Kata Kerja Golongan 3


Menurut saya, kata kerja golongan ketiga ini paling nggak beraturan diantara golongan kata kerja yang lain. Karena setiap diubah ke bentuk dua, dan seterusnya itu bener-bener nggak beraturan. Kalo mau tau lebih jelasnya, yuk lihat!
B1/Bentuk Kamus
B2/-masu
B3/-nai
-te kei (bentuk –te)
-ta kei (bentuk –ta)
Arti
Suru
Shi-
Shi-
Shite
Shita
Melakukan
Kuru
Ki-
Ko-
Kite
Kita
Datang
Benkyou suru
Benkyou shi-
Benkyou shi-
Benkyou shite
Benkyou shita
Belajar
Yang saya cantumin disini memang sedikit. Kalian pasti pusing kan kenapa bisa nggak beraturan gini?
Awalnya saya juga berpikir demikian. Tapi jika ditanya kenapa, jangan tanya saya. Bukan berarti saya nggak mau jelasinlah, pelitlah, bodohlah, dan lupa lagi hehehe :p. Ini karena memang begitu adanya. Sudah aturannya begitu. Kita hanya mempelajarinya saja.
Kalo mau ngubah kata kerja ini nggak usah pusing-pusing nyari di kamus. Caranya cari kata kerja yang di belakangnya ada kata ‘suru’. Misalnya ai suru (mencintai). ‘suru’-nya tinggal diubah aja, jangan ai-nya :D
Kalo selain suru dan kuru nggak ada lagi.
Semoga bermanfaat
Jaa ne!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Kerja

bahasa jepang golongan 1

Kata Sifat i Sebagai Keterangan Kata Benda