Kata Depan Bahasa Jepang


Kata Depan “ni”

Kata Depan ni
1. Menunjukkan tempat berada, diartikan “di”
- Isu ni suwaru  : Duduk di kursi
- Watashi wa nihon ni iru  : Saya ada di Jepang
2. Kata depan waktu, diartikan “pada”
- Watashi wa getsuyoubi ni Tokyo e iku : Saya pergi ke Tokyo pada Hari Senin
- Watashi wa 5ji ni okiru : Saya bangun pada jam 6
3. Menunjukkan pelaku pada kalimat pasif, diartikan “oleh”
- Watashi wa ano hito ni damasareta : Saya telah ditipu oleh orang itu
- Watashi wa tomodachi ni nagurareta : Saya dipukul oleh teman
4. Menggabungkan kata sifat 2 dg kata kerja, diartikan “dengan”
- Seito wa majime ni kiku : Murid mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
- Minna isshoukenmei ni hataraku : Semua bekerja dengan keras.
- Hontou ni  arigatou !!  : Bener-bener terimakasih…..
5. Menunjukkan tujuan, diartikan “ke”
- Migi ni magaru  : Belok ke kanan
- Nihon ni kuru : Datang ke Jepang

Kata depan “de”

Kata depan “DE”
1. Tempat melakukan kegiatan (diartikan “di”)
  - Watashi wa shokudo de taberu : Saya makan di kantin
  - Watashi wa Akihabara de pasokon o kau : Saya beli komputer di Akihabara
2. Menyatakan alat (diartikan “dengan”)
  - Watashi wa enpitsu de kaku : Saya menulis dengan pensil
  - Watashi wa hasami de kami o kiru : Saya memotong kertas dengan gunting
3. Menyatakan alasan (diartikan “karena”)
  - Byouki de kaisya o yasumu : tidak masuk kerja karena sakit
  - Ame de okureru : terlambat karena hujan
4. Menyatakan total
  - Zembu de 5000 en desu : semuanya jadi 5000 yen.
5. Menyatakan kesimpulan (diartikan “kalau begitu”)
  - de, dou suru? : Kalau begitu, gimana? Terus gimana ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Kerja

bahasa jepang golongan 1

Kata Sifat i Sebagai Keterangan Kata Benda